BERITA

Rapat Koordinasi Perencanaan Kabupaten/Kota tahun 2021

2021/09/28 13:03:52
Pembukaan Plt. Kadis P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah 
( dr.Linae Victoria Aden,M.M.Kes)

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Palangka Raya, 23 September 2021, melaksanakan Rapat Koordinasi Perencanaan se Kabupaten/Kota Tahun 2021, yang bertujuan penyelarasan dan sinergi dalam pencapaian target Daerah, mulai dari Pusat-Provinsi dan Kabupaten/Kota, dimulai tahun 2022 s.d 2026, yang dibuka oleh Plt.Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah ( dr.Linae Victoria Aden,M.M.Kes).

Narasumber yang hadir menyampaikan materi dari Biro Perencanaan dan Keuangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI ( Bapak Dwi Budi Prasetyo Supadi) menyampaikan materi Sinkronisasi Indikator Program dan Kegiatan, Kebijakan Pemberdayaan Perempuan dan anak baik Pusat - Provinsi –Kabupaten/ Kota dalam mendukung Prioritas Nasional Tahun 2022 s.d 2026, BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah ( Bapak dr.Muhammad Fitriyanto Leksono,M.Si) menyampaikan materi Sinkronisasi Indikator Program dan Kegiatan Kebijakan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana baik Pusat - Provinsi –Kabupaten/ Kota dalam mendukung Prioritas Nasional Tahun 2022 s.d 2026,dan Biro Organisasi Setda Provinsi Kalimantan Tengah ( Bapak Toni Susanto, S.STP.,M.A.P) menyampaikan materi Kebijakan Pembentukan UPTD – PPA di Provinsi Kalimantan Tengah ( Dalam rangka Percepatan Pembentukan UPTD PPA di Kabupaten Sukamara, Seruyan,Gunung Mas, Bartim,Barsel,Murung Raya di Kalimantan Tengah) Dalam mendukung Pelayanan dan Perlindungan terhadap Perempuan dan Anak di Kalimantan Tengah.

Dengan peserta Sekretaris dan Kasubag Penyusunan Program Dinas P3APPKB Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dari internal Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah dan Tim Perencanaan Bidang-Bidang dan UPT- PPA.

Narasumber Rapat Koordinasi Perencanaan se Kabupaten/Kota Tahun 2021




Dalam kegiatan Point Kesepakatan Rapat Koordinasi Perencanaan se Kabupaten/Kota Tahun 2021 di dapatkan Kesepakatan; yaitu 

1. Mendukung Prioritas Nasional 

Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Anak pada 5 arahan persiden yaitu :
  1. Peningkatan Pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan
  2. Peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan/pengasuhan anak
  3. Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak
  4. Penurunan pekerja anak
  5. Pencegahan perkawinan anak

2. Penyelarasan Sasaran, Program dan Kegiatan (Sumber : UU nomor 23 Tahun 2014 tetang Pemda)

Pasal 260 - Daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan Daerah sebagai satu kesatuan dalam Sistem perencanaan pembangunan nasional. 
Pasal 272 - Pencapaian sasaran, program, dan kegiatan pembangunan dalam rencana strategis Perangkat Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diselaraskan dengan pencapaian sasaran, program, dan kegiatan pembangunan yang ditetapkan dalam rencana strategis kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian untuk tercapainya sasaran pembangunan nasional.

Penyelarasan Indikator Provinsi – Kabupaten dalam pencapaian Indikator RPJMD tahun 2022 s.d 2026 Kalteng BERKAH. Indikator sasaran PPPA : 
  1. Persentase ARG pada belanja langsung APBD
  2. Indeks Pemberdayaan Gender (IDG)
  3. Persentase perempuan korban kekerasan dan TPPO yang mendapatkan layanan komprehensif
  4. Persentase anak memerlukan perlindungan khusus yang mendapatkan layanan komprehensif
  5. Indeks Perlindungan Anak (IPA)






3. Urusan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sesuai arahan presiden :
  • Pencegahan Stunting
  • Ketahanan Keluarga
Keluarga Muda Berkualitas Kunci Indonesia Emas
  1. Pembangunan Keluarga adalah pondasi utama tercapainya kemajuan bangsa
  2. Tahun 2025 – 2035 merupakan fase puncak periode bonus demografi yang harus terus dikapitalisasi.
  3. Keluarga sehat, produktif, dan berkualitas adalah Tujuan Program Bangga Kencana Menuju Indonesia Emas 2045 (100 Tahun Indonesia Merdeka) 
  4. Generasi Milenial dan Post-Milenial adalah sasaran utama Program Bangga Kencana, pola komunikasi harus berubah
  5. Program Bangga Kencana bukan semata-mata KB, namun membangun keluarga secara utuh dalam berbagai dimensinya
  6. Persoalan Stunting masih menjadi problem bagi keluarga Indonesia, BKKBN bertanggungjawab untuk menyelesaikannya. 

Penyelarasan Indikator Provinsi – Kabupaten dalam pencapaian Indikator RPJMD tahun 2022 s.d 2026 Kalteng BERKAH Indikator sasaran PPKB : 
  1. Indeks Pembangunan Keluarga (Ibangga)
  2. Angka kelahiran Total/total fertility Rate (TFR)
  3. Angka Prevalensi Kontrasepsi Modern/ moderm Contraceptive (mPCR)
  4. Presentase Kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (Unmeet Need)
  5. Angka Kelahiran remaja umur 15-29 Tahun (Age Specific Fertility Rate / ASFR) 

4. Komitmen Percepatan Pembentukan UPTD PPA di Kabupaten

Melakukan Promosi dan penyebarluasan informasi untuk UPT PPA di Provinsi dan UPTD PPA di Kabupaten/Kota agar masyarakat lebih mengetahui bahvva pemerintah hadir dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan di Kalimantan Tengah, dengan pelayanan di lakukan secara GRATIS.





Dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi Perencanaan se Kabupaten/Kota Tahun 2021,diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas yang terintegrasi, sekaligus untuk memantapkan komitmen bersama baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota dalam upaya meningkatkan Perencanaan yang berkualitas menuju Kalimantan Tengah yang BERKAH. ( Tabe : Perencanaan 2021)

 

BERITA

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan  Keluarga Berencana Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mendampingi Plh. Asisten ...
2024/04/08 12:24:48 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga, Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mendampingi Plh. ...
2024/04/06 12:39:33 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi ( ...
2024/04/05 03:53:38 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng bersama Pengurus DWP (Dharma Wanita Persatuan) Dinas ...
2024/04/05 03:15:06 Baca
Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung membuka kegiatan Penyusunan Anggaran Responsif Gender T.A 2024 dengan Isu Tematik ...
2024/03/06 04:07:10 Baca