BERITA

Kemen PPPA memperingati Puncak Hari Anak Nasional

2020/08/01 12:29:02
Peringatan hari Anak Nasional di maknai sebagai kepedulian seluruh bangsa indonesia terhadap perlindungan anak indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak. Upaya ini akan menghasikan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air. Jadikan waktu luang untuk terus belajar dan mengembangkan diri dengan hati gembira dalam sambutan Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional. yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 23 juli 2020 yang dihadiri oleh forum anak daerah dari 34 provinsi di tanah air.



Hari Anak Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 23 juli, peringatan Hari Anak Nasional merupakan bagian yang terpenting dalam upaya bersama mengampayekan pemenuhan hak dan perlindungan anak indonesia. Berbeda dari tahun-tahun yang lalu peringatan Hari Anak Nasional tahun 2020 secara virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting dan Youtube Kemen PPPA dengan tema Anak Terindungi, Indonesia Maju dengan tagline Anak Indonesia Gembira di Rumah.



Dalam rangkaian Hari Anak Nasional antara lain pemutaran video rangkaian hari anak nasional, video pesan dan ucapan Hari Anak Nasional dari para Menteri dan Lembaga, sambutan Menteri PPPA, Cerita Dongeng Ibu Bintang dan Kak Seto, Deklarasi Suara Anak Indonesia, pesan Presiden untuk anak indonesia dan konser virtual gembira di rumah.




Deklarasi Suara Anak Indonesia tahun 2020 :
  1. Memohon kepada Pemerintah untuk mengoptimalkan pemeretaan akta kelahiran di seluruh indonesia.
  2. Memohon kepada Pemerintah, masyarakat dan keluarga untuk memberikan ruang berpendapat kepada anak dalam berbagai aspek serta direalisasikan seoptimal mungkin.
  3. Mengajak Pemerintah, masyarakat dan keluarga untuk mengoptimalkan edukasi, pengawasan dan penyebaran informasi layak anak.
  4. Mengajak Pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan edukasi, pengawasan serta implementasi dari revisi UU Perkawinan untuk menekan angka perkawinan usia anak.
  5. Mendukung Pemerintah dan seluruh masyarakat untuk mengoptimalkan sarana prasarana penunjang LKSA serta memberikan pengasuhan alternatif kepada terdampak Covid-19 dengan memperhatikan kesiapan anak dalam menghadapi tatanan normal baru.
  6. Mendukung penuh pemerintah untuk meningkatkan penanganan kesehatan mental serta fisik anak melalui penyebaran informasi protokol kesehatan, mempercepat akses air bersih secara menyeluruh dan menjaga kebersihan lingkunngan.
  7. Forum Anak bekerja sama dengan pemerintah untuk memonitor dan memperketat peraturan terkait iklan, promosi dan sponsor rokok (IPSR) di seluruh wilayah indonesia.
  8. Memohon kepada pemerintah untuk meratakan akses internet dan menyesuaikan kurikulum untuk pembelajaran jarak jauh dengan mempertimbangkan keadaan daerah masing-masing.
  9. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pemerataanpeningkatan pendidikan ke daerah tertinggal, terdepan, terluas (3T) serta meningkatkan bagi anak berkebutuhan khusus.
  10. Mengajak pemerintah, masyarakat dan keluarga di seluruh indonesia untuk meningkatkan edukasi dan skill parenting terhadap pola asuh anak serta menolak segala bentuk kekerasan anak.
  11. Mengajak pemerintah, tenaga kependidikan dan masyarakat indonesia untuk mengoptimalkan pemberian edukasi dan menolak segala bentuk perundungan terhadap anak di lingkungan sekolah, masyarakat dan media sosial.
  12. Mendukung pemerintah untuk meningkatkan perhatian kepada anak berkebutuhan khusus (ABK) baik dalam pelayanan kesehatan dan pembuatan konten pendidikan yang ramah disabilitas.
Isu Prioritas Suara Anak Indonesia tahun 2020:
  1. Memohon kepada Pemerintah untuk mengoptimalkan pemeretaan akta kelahiran di seluruh indonesia.
  2. Memohon kepada pemerintah untuk meratakan akses internet dan menyesuaikan kurikulum untuk pembelajaran jarak jauh dengan mempertimbangkan keadaan daerah masing-masing.
  3. Memohon kepada pemerintah untuk melakukan pemerataanpeningkatan pendidikan ke daerah tertinggal, terdepan, terluas (3T) serta meningkatkan bagi anak berkebutuhan khusus.

 

BERITA

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan  Keluarga Berencana Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mendampingi Plh. Asisten ...
2024/04/08 12:24:48 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga, Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mendampingi Plh. ...
2024/04/06 12:39:33 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi ( ...
2024/04/05 03:53:38 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng bersama Pengurus DWP (Dharma Wanita Persatuan) Dinas ...
2024/04/05 03:15:06 Baca
Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung membuka kegiatan Penyusunan Anggaran Responsif Gender T.A 2024 dengan Isu Tematik ...
2024/03/06 04:07:10 Baca