BERITA

KUNJUNGAN KERJA DPPKBP3A KAB. BARITO SELATAN

2022/01/13 15:47:10
Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah menerima kunjungan dari Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan pada hari Kamis tanggal 13 Januari 2022 tempat Rapat Gedung 2 Dinas P3APPKB Prov.Kalteng. Rombongan Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan Bapak MARIO ,SE., M.AP bersama Kepala Seksi Perlindungan Anak dan Tumbuh Kembang Anak, Kepala Seksi Perlindungan Hak Perempuan, beserta staf. 
























Dalam pertemuan tersebut oleh Plt. Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajarannya menyampaikan dan menjelaskan terkait beberapa hal yang dikoordinasikan oleh Tim Dinas PPKBP3A kabupaten Barito Selatan tentang Pengarusutamaan Gender (PUG), Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), Gerakan Sayang Ibu (GSI) , Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), stunting dan Perkawinan Usia Anak, yaitu sebagai berikut :

1. Berdasarkan Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di daerah, ada 7 Prasyarat PUG yang dalam penerapan strategi PUG di Daerah yaitu : a). Komitmen, b). Kebijakan, c). Kelembagaan, d). SDM dan anggaran, e). Data Terpilah, f). Alat analisis, g). Partisipasi Masyarakat. Untuk mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Tahun 2022, diharapkan Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito selatan dapat berkoordinasi dengan Dinas P3APPKB Provinsi Kalimatan Tengah, Bappeda Kabupaten Barito Selatan selaku Ketua Pokja PUG dan OPD terkait lainnya di Kabupaten Barito Selatan.

2. Berdasarkan penilaian Kementerian PPPA-RI, Kabupaten Barito Selatan belum termasuk Kota Layak Anak, maka diperlukan koordinasi dan sinergi dengan OPD yang terkait untuk terwujudnya Kota Layak Anak di Kabupaten Barito Selatan. Berbagai Cluster harus terpenuhi untuk dapat memenuhi persyaratan dan indikator Kota Layak Anak. 

3. Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah mengusulkan 2 (dua) desa di Kabupaten Barito Selatan yaitu Desa Sababilah Kecamatan Dusun Selatan dan Desa Sarimbuah Kecamatan Gunung Bintang Awai Kabupaten Barito Selatan, sebagai Pilot Project ke Kementerian PPPA-RI bersama desa-desa lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk menjadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak ( DRPPA). 
























4. Ibu dr. LINAE VICTORIA ADEN,MM.,M.Kes Plt. Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah, dalam pertemuan tersebut menyampaikan agar Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan dapat melakukan advokasi ke pimpinan daerah Kabupaten Barito Selatan untuk menyampaikan menyampaikan tugas pokok dan fungsi dari Dinas PPKBP3A kabupaten Barito Selatan serta memerlukan dukungan moril dan anggaran dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi sesuai dengan tupoksi Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan. 
























Berbagai urusan yang menjadi Tupoksi dari Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan antara lain:
a. Upaya menurunkan angka Stunting,
b. Pencegahan Pernikahan Usia Anak,
c. Penanganan berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta berbagai urusan lainnya yang terkait dengan perlindungan Perempuan dan anak, serta pemenuhan Hak anak.
d. Ketahanan keluarga untuk terwujudnya keluarga berkualitas yang menjadi tanggung jawab Dinas PPKBP3A Kabupaten Barito Selatan disertai dengan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan. 

 

BERITA

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan  ...
2024/04/22 08:20:26 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Prov Kalteng Linae Victoria Aden mewakili Gubernur Kalteng hadiri ...
2024/04/22 08:19:15 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga  Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden menerima kunjungan kerja ...
2024/04/20 03:02:25 Baca
Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus Sekretaris TPPS Provinsi Kalimantan Tengah Linae Victoria Aden mengikuti Entry Meeting Evaluasi Akselerasi  ...
2024/04/18 12:11:20 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah oleh Linae Victoria Aden , memimpin Apel ...
2024/04/18 11:40:52 Baca