BERITA

DP3APPKB Prov. Kalteng Gelar Sosialisasi Pergub No. 52 Tahun 2023 Tentang Hapakat Usaha Bawi Lewu di Kab. Pulang Pisau

2024/06/04 12:23:27
MMCKalteng – Pulang Pisau – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3PPKB) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Kewirausahaan Perempuan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga dengan HAPAKAT membangun Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), Selasa (4/6/2024) bertempat Aula Desa Bukit Liti Kabupaten Pulang Pisau.
Linae Victoria Aden saat memberikan sambutan


Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) merupakan desa yang mengintergrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa dilakukan secara menyeluruh serta berkelanjutan.

“Keberhasilan strategi pengembangan ekonomi kerakyatan menuju masyarakat sejahtera khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah dapat ditentukan melalui pembangunan ketahanan keluarga di Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang diatur dalam Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 52 Tahun 2023 tentang Program Hapakat Usaha Bawi Lewu. Dimana program HAPAKAT Usaha Bawi Lewu ini diselenggarakan berdasarkan prinsip Gotong Royong, Non Diskriminasi dan Penghargaan terhadap Pandangan Perempuan. Program ini dimaksudkan untuk memperkuat kewirausahaan perempuan, yaitu diutamakan kepada perempuan sebagai kepala keluarga, perempuan penyintas kekerasan dan perempuan penyintas bencana, perempuan yang memiliki potensi dan perempuan yang tidak mempunyai pekerjaan atau penghasilan yang memadai untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan memperkuat keahlian dan pengetahuan perempuan dalam pengembangan kewirausahaan,” ungkapnya.

Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah, Linae Victoria Aden, menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan keluarga dan pemberdayaan kewirausahaan perempuan di DRPPA dengan konsep HAPAKAT, yakni untuk meningkatkan sumbangan pendapatan perempuan melalui pemberdayaan kewirausahaan perempuan, mewujudkan ketahanan keluarga di Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, serta berkembangnya ekonomi kerakyatan menuju kesejahteraan berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Tengah dapat tercapai.
Kegiatan berlangsung


“ Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Sosialisasi yang sudah dilaksanakan Tahun lalu, pada saat itu kita menyusun dan merencanakan Peraturan Gubernur Tentang Hapakat Usaha Bawi Lewu, dimana Desa Bukit Liti merupakan Lokus dari pelaksanaannya. Dan tindak lanjut adalah dengan mengundang Narasumber dari Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau dan Dinas Perindustrian, Perdagangan Kabupaten Pulang Pisau, dengan harapan Pelaku Usaha di Desa Bukit Liti akan menjadi wilayah binaan mereka,”tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa ukuran keberhasilan dari pembentukan dan pengembangan DRPPA antara lain adanya pengorganisasian perempuan dan anak di desa; tersedia data desa yang memuat data pilah tentang perempuan dan anak; Tersedianya Peraturan Desa Tentang DRPPA; Tersedia pembiayaan dari keuangan desa dan pendayagunaan asset desa untuk mewujudkan DRPPA melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desa; Persentase keterwakilan perempuan di pemerintah desa, Badan Permusyawarahan Desa, Lembaga kemasyarkatan desa, dan Lembaga adat desa; Persentase perempuan wirausaha di desa utamanya perempuan kepala keluarga, penyintas bencana dan penyintas kekerasan; Semua anak di desa mendapatkan pengasuhan berbasis anak; Tidak ada kekerasan terhadap perempuan dan anak dan korban tindak pidana perdagangan orang; Tidak ada pekerja anak; Tidak ada perkawinan anak. Di tahun 2024 ini telah dilaksanakan sosialiasi kegiatan serupa dikabupaten/kota lainnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Heri Tuah sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. "Selain untuk menambah pengetahuan juga dapat memberikan wawasan yang baik kepada pere mpuan-perempuan sebagai pelaku usaha yang membantu perekonomian keluarga, sehingga dapat mendorong agar anak-anak mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak sehingga angka perkawinan anak dapat di tekan dan dampak yang diharapkan yakni berkurangnya angka kasus Stunting di Desa Bukit Liti," tukasnya.
Foto Bersama


Adapun kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta, dengan Narasumber dari Dinas P3APPKB Prov. Kalteng, Deni Widanarni, Plt Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Pulang Pisau, Yuntrisia Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Pulang Pisau, serta Erni Kartini, PT. Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau.
Dihadiri oleh Camat Kahayan Tengah, Ketua TP-PKK Desa Bukit Liti, Aparat Perangkat Desa Bukit Liti, Relawan SAPA Desa Bukit Liti serta Tamu undangan. (ELVI)Kontributor : Gina

 

BERITA

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus Bunda Forum Anak Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra ...
2024/05/30 10:28:42 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden menghadiri serah terima ...
2024/05/30 10:22:32 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah ikut memeriahkan gelaran Karnaval Budaya Festival Budaya ...
2024/05/23 09:12:54 Baca
Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Tengah ke-67 Tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk ...
2024/05/19 07:44:32 Baca