BERITA

Kegiatan Pelatihan Sistem Pendataan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Melalui Simfoni Ppa Di Provinsi Kalimantan Tenga

2021/06/08 15:08:31
Pada hari Rabu Tanggal 02 Juni 2021 UPT PPA menyelenggarakan kegiatan pelatihan sistem pendataan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui simfoni PPA di Provinsi Kalimantan Tengah. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Dinas/Instansi/pemberi layanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Tulip Meeting Room Hotel AURILA Jl. Adonis Samad, Panarung, Pahandut, Palangka Raya.




Kegiatan pelatihan ini di selenggarakan dimana kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak cenderung meningkat, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

Perlu kita ketahui, pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan dan nyawa manusia, tetapi juga turut memberi tekanan sosial dan ekonomi. Kebijakan pembatasan sosial (social distancing) di berbagai belahan dunia memaksa banyak orang untuk bekerja di rumah atau bahkan kehilangan pekerjaannya. Hal tersebut memungkinkan terjadi tindak kekerasan lantaran tekanan atas kebutuhan ekonomi disatukan dengan tingkat stress tinggi karena terjebak di rumah.

Banyaknya kasus yang muncul dan diliput di berbagai media masa sempat menyita perhatian publik, namun demikian laporan pencatatan dan pelaporan kekerasan perempuan dan anak belum dapat menggambarkan kondisi tingkat kekerasan perempuan dan anak yang utuh. Hal ini dikarenakan minimnya data di unit pelayanan penanganan korban kekerasan, kurangnya keterlibatan Unit Layanan yang menangani korban kekerasan dalam menginput data, dan belum optimalnya mekanisme koordinasi di dalam sistem pencatatan dan pelaporan kekerasan di Unit Layanan di masing-masing daerah. 




Ketidakakuratan data kekerasan perempuan dan anak akan menyulitkan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Dengan demikian pencatatan dan pelaporan yang terstandard di seluruh Indonesia akan dapat memudahkan analisa data secara komprehensif sebagai bahan pengambilan keputusan baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah mengembangkan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA). Di Kalimantan Tengah sendiri aplikasi ini sudah berjalan dan menjadi komitmen kita semua untuk terus berpartisipasi aktif dalam penggunaannya walaupun masih ada beberapa daerah dan lembaga layanan yang belum memanfaatkan aplikasi ini secara optimal.

Hal ini karena ada beberapa permasalahan di antaranya yakni lemahnya koordinasi antar lembaga layanan yang tergabung dalam UPT atau P2TP2A serta kurangnya pemahaman petugas data dan petugas layanan korban dalam mengimplementasikan aplikasi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kualitas layanan penangan korban dan pelaku.




Dalam pelaksanaan kegiatan membantu memaksimalkan koordinasi antar jejaring lembaga layanan serta meningkatkan kompetensi petugas pengelola data kekerasan dalam penanganan korban dan pendokumentasian menggunakan aplikasi Simfoni PPA sesuai mekanisme yang benar pada unit lembaga layanan yang mana nanti tersedianya data kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat dimanfaatkan bagi penyusunan kebijakan program dan kegiatan pembangunan serta proses pengambilan keputusan.

 

BERITA

Perlu kita ketahui, pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan dan nyawa manusia, tetapi juga turut memberi tekanan sosial dan ...
2021/06/08 15:08:31 Baca
TPPO adalah setiap tindakan atau serangkaian tindakan yang ditentukan dalam undang-undang sebagai sebuah kejahatan kemanusiaan yang beragam dan terus ...
2021/06/08 14:57:20 Baca
MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) ...
2021/06/04 03:28:50 Baca
Adapun Tujuan MoU adalah Perjanjian Kerjasama ini adalah untuk melaksanakan upaya pencegahan, penanganan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak korban ...
2021/04/19 09:31:39 Baca
Forum Anak Daerah Provinsi menghadiri Musrenbang Provinsi Kalimantan Tengah ...
2021/04/08 12:12:01 Baca