BERITA

Rapat Koordinasi Capaian Kinerja dan Ikhtisar KinerjaDinas P3APPKB Tahun 2021

2021/09/28 12:12:53
Pembukaan Plt. Kadis P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah 
( dr.Linae Victoria Aden, M.M.Kes)

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Palangka Raya, 24 September 2021, melaksanakan Rapat Koordinasi dan Penyusunan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD (Evaluasi Lakip dan Reformasi Birokrasi) Dinas P3APPKB Tahun 2021.
 
Narasumber dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah yang menyampaikan materi Kebijakan SAKIP di Provinsi Kalimantan Tengah Evaluasi SAKIP DP3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 (Bapak Catur Anggoro Aji, SE) dan Kebijakan Reformasi Birokrasi di Provinsi Kalimantan Tengah Evalusi Reformasi Birokrasi DP3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 ( Bapak Alfian, ST., MT) . Peserta yang hadir Sekretaris, Pejabat Eselon III dan IV serta seluruh ASN dari Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah.

Narasumber Rapat Evaluasi LAKIP dan Reformasi Birokrasi Tahun 2021











Dalam Rapat Koordinasi dan Penyusunan Capaian Kinerja dan Ikhtiar Realisasi Kinerja SKPD (Evaluasi Lakip dan Reformasi Birokrasi) Dinas P3APPKB Tahun 2021, ini didapatkan Point Kesepakatan yang dapat menjadi evaluasi untuk perbaikan, yaitu :

  1. Seluruh ASN DP3APPKB harus mengetahui Tugas dan Fungsi sesuai PERGUB 37 Tahun 2016
  2. Dalam Penyusunan Perencanaan Anggaran APBD mengacu pada indikator Capaian RENSTRA, RENJA dan PERJANJIAN KINERJA ( Perlunya Keselarasan RENSTRA -RENJA-DPA).
  3. Perlunya Pemberlakuan mekanisme Reward dan Punishment berbasis Kinerja : Eselon III : sasaran program (outcome),Eselon IV: sasaran kegiatan (output),Staf : proses (input) 
  4. Perlunya peningkatan SDM sesuai dengan kompetensi.
  5. Bersama-sama mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik, bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya dalam peningkatan pelayanan masyarakat.
  6. 5 Startegi peningkatan SAKIP
    • Mengetahui Kelemahan dari SAKIP Perangkat Daerah
    • Memahami Rekomendasi dan Melaksanakan Tindak Lanjut
    • Serius pada titik kritis point penilaian SAKIP
    • Dokumentasikan atau arsipkan dengan rapi dan teratur seluruh dokumen SAKIP
    • Komitmen pimpinan dan Konsisten
  7. Bersama-sama berkomitmen membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
  8. Target/Kondisi Yang Ingin Dicapai :
    • Sistem dan mekanisme kerja individu ASN lebih adaptif, inovatif, responsive, profesional dan berintegritas 
    • Deregulasi
    • Efisiensi dan efektivitas Organisasi
    • Efektivitas dan efisiensi sistem, proses, dan prosedur kerja
    • Meningkatkan profesionalisme SDM aparatur yang didukung oleh sistem rekrutmen dan promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan, serta memperoleh gaji dan bentuk jaminan kesejahteraan yang sepadan.
    • Pemerintah daerah yang akuntabel dan berkinerja tinggi.
    • Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN
    • Meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
  9. Kualitas perencanaan kinerja menggambarkan alur logika program dan kinerja yang logis.
  10. Penetapan kinerja utama maupun kinerja sasaran atau kinerja program berorientasi pada hasil (outcome).
  11. Perlunya evaluasi kinerja internal yang dilakukan setiap semester.
  12. Dimanfaatkannya dokumen LAKIP dalam penyusunan rencana dan pelaksanaan manajemen kinerja pada periode berikutnya.

Peserta Rapat Evaluasi LAKIP dan Reformasi Birokrasi Tahun 2021














Melalui pelaksanaan kegiatan “RAPAT EVALUASI LAKIP DAN REFORMASI BIROKRASI DINAS P3APPKB PROVINSI KALIMANTAN TENGAH” secara virtual tahun 2021, besar harapan LAKIP serta Dokumen Reformasi Birokrasi Tahun 2021 Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah ini mampu dijadikan sebagai alat pertanggungjawaban yang transparan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah serta menjadi laporan yang akuntable dan dapat dijadikan sebagai media evaluasi dalam melaksanakan kinerja yang lebih baik dimasa mendatang sehingga akan terciptanya sasaran dan hasil kerja yang dapat dipertanggungjawabkan menuju Kalimantan Tengah BERKAH. ( Tabe : Perencanaan 2021)

 

BERITA

Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung membuka kegiatan Penyusunan Anggaran Responsif Gender T.A 2024 dengan Isu Tematik ...
2024/03/06 04:07:10 Baca
Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak pada Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah bersama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Kabupaten ...
2024/03/06 03:36:42 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah melakukan Sosialisasi dan Advokasi Pembentukan Forum  ...
2024/02/29 06:27:57 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) kembali melakukan kerja sama ...
2024/02/26 12:18:37 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah Linae Victoria Aden bersama dengan Tim ...
2024/02/26 11:40:31 Baca