BERITA

RAKOR FORUM DATA PENINGKATAN PENYAJIAN DAN PEMANFAATAN DATA GENDER DAN ANAK TAHUN 2022

2022/06/13 09:49:46
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Data Peningkatan Penyajian dan Pemanfaatan Data Gender dan Anak Dalam Kelembagaan Data Prov. Kalteng Tahun 2022, acara bertempat di Hotel Aquarius Boutique, Palangka Raya, Kamis (9/6/2022)

Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng dr. LINAE VICTORIA ADEN, M.M.Kes. Dalam arahannya, Kepala Dinas P3APPKB Linae Victoria Aden menyampaikan data dan Informasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pembangunan yang digunakan mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, implementasi sampai dengan evaluasi program atau pengukuran pencapaian kinerja pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. “Untuk merancang kebijakan dan program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, maka langkah awal yang diperlukan adalah adanya ketersediaan data terpilah yang akurat dan benar untuk disajikan dan dimanfaatkan”

















dr. LINAE VICTORIA ADEN, M.M.Kes mengatakan, dalam perspektif gender, penyediaan data, analisis dan pelaporan terpilah menurut jenis kelamin dimaksud untuk menyajikan data dan informasi tentang kasus dalam kehidupan sebagai perempuan dan laki-laki. Data terpilah berdasarkan jenis kelamin menjadi inti dalam menghasilkan statistik gender (pedoman data gender) yaitu informasi yang mengandung isu gender termasuk di dalamnya isu anak, sebagai bahan analisis gender.

Dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Gubernur Kalteng nomor : 188.54/2011 tentang pengumpulan Data Informasi Terpilah Gender dan Anak Tingkat Kabupaten/Kota yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengolah data, untuk disajikan menjadi data terpilah gender dan anak. Data terpilah tersebut merupakan informasi awal sebagai pembuka wawasan dan juga sebagai salah satu indikator dalam melihat partisipasi gender dan faktor yang sangat penting dalam penyediaan data terpilah diberbagai sektor sudah merupakan keharusan, sesuai dengan kesepakatan global agar pemerintah dapat melaporkan keberhasilannya dalam upaya memenuhi komitmen untuk mengurangi atau meniadakan kesenjangan gender dalam pembangunan.

Melalui rakor forum data terpilah gender dan anak tingkat kabupaten/kota ini diharapkan terbentuknya suatu jejaring dan komunikasi antar perangkat daerah dan lintas sektoral, sehingga tersedia data yang berkualitas yang dapat dipergunakan sebagai acuan dalam merencanakan dan menentukan arah kebijakan pembangunan di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, sehingga terwujudnya “Kalteng Berakhlak penuh dengan Keberkahan”.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Data dan Informasi, P3APPKB Prov. Kalteng Murjani dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama bidang pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak khususnya bidang data dan informasi gender dan anak. Selain itu, meningkatkan koordinasi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota, sebagai wadah komunikasi antar OPD dan lintas sektoral dalam penyediaan data terpilah gender dan anak, membangun jejaring antar OPD untuk memperlancar ketersediaan data terpilah dan informasi yang diperlukan dan meningkatkan pemahaman dan kemampuan sumber daya manusia bidang data dan informasi gender dan anak (SIGA).

















Peserta Rakor sebanyak 40 (empat puluh) orang terdiri dari Kepala Bidang yang menangani Data Gender dan Anak (SIGA) dan operator SIGA kabupaten/kota masing-masing berjumlah 2 (dua) orang, OPD terkait Prov. Kalteng sebanyak 6 (enam) orang yaitu Dinas Kesehatan, Pendidikan, Nakertran, Dinas Sosial, Badan Kepegawaian dan Dukcapil serta Dinas P3APPKB Prov. Kalteng sebanyak 6 (enam) orang yaitu Kabid I, III, IV, V, UPT dan Sekretariat (Perencanaan). 

Adapun narasumber pada kegiatan ini berjumlah 4 (empat) orang dan Fasilitator 2 (dua) orang, yang berasal dari Dinas P3A-PPKB Prov. Kalteng, Kementerian PPPA RI, Badan Pusat Statistik (BPS) Prov. Kalteng, Kepala Bidang Data Dinas P3APPKB Prov. Kalteng serta Fasilitator dari Dinas P3APPKB Prov. Kalteng (mmc.kalteng.go.id/foto : Tory)

 

BERITA

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan  Keluarga Berencana Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mendampingi Plh. Asisten ...
2024/04/08 12:24:48 Baca
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga, Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mendampingi Plh. ...
2024/04/06 12:39:33 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi ( ...
2024/04/05 03:53:38 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng bersama Pengurus DWP (Dharma Wanita Persatuan) Dinas ...
2024/04/05 03:15:06 Baca
Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah Leonard S. Ampung membuka kegiatan Penyusunan Anggaran Responsif Gender T.A 2024 dengan Isu Tematik ...
2024/03/06 04:07:10 Baca