BERITA

DP3APPKB Gelar Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Tahun 2024

2024/04/30 01:48:23
Berbagai even digelar untuk menyambut dan menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng, termasuk Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah yang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Tahun 2024, Senin (29/4/2024) bertempat di Meeting Room Imperial Aquarius Boutique Hotel. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 29 - 30 April 2024.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Widanarni menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya memberikan perhatian pembangunan yang berkeadilan dan memihak kepada kelompok marginal/rentan, khususnya perempuan dan Anak.

"Perempuan dan anak merupakan kelompok penduduk yang memiliki karakteristik tersendiri, sehingga membutuhkan pendekatan khusus dan spesifik demi menjamin kualitas hidupnya," ucap Sri Widanarni.
"Sebagai bagian dari upaya untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) nasional, maka diperlukan strategi implementasinya hingga ke tingkat desa," lanjutnya.

Dijelaskan pula, DRPPA (Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak) merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara menyeluruh serta berkelanjutan. Desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khususnya perempuan dan anak, memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta tersedia sarana dan prasarana publik yang ramah perempuan dan anak.
Ia berharap dengan diadakannya Bimtek Fasilitator Daerah (Fasda) ini untuk menyiapkan Fasda yang berkompeten di setiap Kabupaten/Kota, dan pada akhirnya menjadi fasilitator dalam pelaksanaan Bimtek Relawan SAPA di desa/kelurahan.
"Semoga dapat memberikan manfaat bagi perempuan dan anak dan bagi kita semua dalam meningkatkan kesejahteraan," ungkap Sri Widanarni.























Narasumber dari DInas P3APPKB Provinsi Kalteng dan Fasilitator Nasional

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguatkan fasilitator daerah dalam hal pengetahuan dan keterampilan tentang DRPPA melalui Gerakan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).
"Hal ini untuk meningkatkan kemampuan Fasda dalam mendorong kesadaran masyarakat tentang perlindungan dan pemenuhan hak ekonomi, hak pendidikan, sosial, politik dan budaya bagi Perempuan dan anak," tandas Linae.























Foto Bersama 
Adapun Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden dan Fasilitator Nasional DRPPA, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Putri Suci Asriani dan Keke Apriana. Turut hadir pula Pejabat Administrator lingkup Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah, serta para Calon Fasilitator DRPPA Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.
(Elvi/Gina-Pht)/Edt:WP,Kontributor : Lisa Sumber Data dari MMC Kalteng 

 

BERITA

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Serah Terima Jabatan Administrator serta ...
2024/05/01 03:01:29 Baca
Berbagai even digelar untuk menyambut dan menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng termasuk Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, ...
2024/04/30 01:48:23 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng bersama Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan ...
2024/04/26 03:46:39 Baca
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan  ...
2024/04/26 02:55:32 Baca
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Pelatihan Pencatatan dan Pelaporan ...
2024/04/24 12:59:12 Baca